Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Fungsi dan Dekorasi Pintu

Kata “buka” lazimnya diasosiasikan dengan pintu. Salah satu komponen rumah yang penting namun sering diabaikan. Posisinya yang strategis, menjadi area masuk, bukaan, pemisah antar-ruang, dan penjaga privasi membuat pintu punya banyak jenis dan desain. Belum lagi elemen dekorasinya semisal door accessories dan sebagainya. Rasanya pada desain rumah idaman minimalis pembahasan tentang pintu tidak akan habis dalam satu edisi.

Mekanisme dan desain
Paling tidak ada beberapa jenis atau mekanisme pintu yang umum ditemui. Secara mekanikal, pintu dikategorikan berdasarkan cara membukanya. Pintu dorong, geser, lipat, atau bahkan rolling. Dari beberapa macam mekanisme tersebut, mekanisme pintu biasanya berorientasi pada fungsi ruang. Ruang penyimpanan yang menuntut banyak space akan cocok dengan pintu geser dan pocket door. Garasi atau Gudang akan lebih efektif menggunakan pintu lipat. Untuk urusan desain, pintu dikenal dengan beberapa model. Yang paling populer mungkin pintu tunggal dan double. Pintu double biasanya ditempatkan sebagai main door. Belum lagi tentang material pembuatnya. Walau kayu menjadi material utama dalam pembuatan pintu. Ada beberapa alternatif material lain yang tidak kalah kokoh. Sebut saja PVC atau metal yang berat.

Elemen dekoratif
Dekorasi pintu dan area sekitarnya memang tidak banyak dapat dieksplor. Selain karena karakternya yang fungsional dan sering digunakan, pintu juga punya pakem khusus yang sulit dimodifikasi. Elemen dekoratif pertama yang paling mungkin adalah bermain dengan warna, material, dan pattern pada daun pintu. Selebihnya, untuk dekorasi sekitar area pintu, manfaatkan kehadiran dinding dan jendela yang menjadi pasangan pintu. Area dinding dapat didekor menjadi Foyer atau ruang transisi mini dengan konsol dan lukisan masif. Bisa juga memajang sepasang tanaman di Kanan dan Kiri pintu. Jangan lupakan pentingnya efek pencahayaan pada area dekorasi ini. Ada baiknya meletakkan downlight atau lampu dinding dekoratif yang menarik.

Tip mendekor area pintu
1. Utamakan fungsi utama pintu sebagai penjaga privasi. Hindari penggunaan material transparan yang berlebih.
2. Handle pintu punya peran penting untuk meningkatkan “kelas” sebuah pintu. Pilih handle berkualitas dengan desain ergonomis yang nyaman digenggam.
3. Memasang cermin di belakang daun pintu juga dapat jadi dekorasi menarik. Selain fungsional, dalam Fengshui, hal ini dipercaya berpengaruh baik untuk rumah.

Nah itulah beberapa informasi dalam mempercantik desain interior rumah anda. Semoga dapat membantu dan selamat mempraktekannya dirumah. Untuk informasi yang berikutnya anda juga dapat membaca mengenai Dekorasi Bantal dalam Ruang dan Interior Rumah Mungil Minimalis


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Fungsi dan Dekorasi Pintu

Posted by Mandy Bulles, Published at 3:27 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment